Minggu, 26 November 2017

Esperanta Leciono 3
belajar kata perintah dalam esperanto

kata perintah dalam esperanto berakhiran huruf U. misal:
manĝu=makanlah
trinku=minumlah
donu=berilah
iru=pergilah
dormu=tidurlah,

contoh
skribi  menjadi skribu
naĝi menjadi naĝu
porti menjadi portu

hanya mengganti akhiran i menjadi u, simple kan?

contoh kalimat
ni iru (kita+pergilah=ayo kita pergi)
nah jika ada "ni+kata perintah" jadinya kalimat ajakan "ayo kita ....."
ni manĝu (ayo kita makan)
ni skribu (ayo kita tulis)
ni legu (ayo kita baca)
kalau ni (kita) diganti vi (kamu) jadinya
vi manĝu (makanlah), tapi khusus pake vi ini, gausah pake vi, jadi cukup "manĝu" saja dan artinya sudah "(kamu) makanlah"
- vi legu  menjadi legu
- vi iru menjadi iru

kalau subjeknya mi berarti "biarkan saya..."
contoh

  1. mi iru (biarkan saya pergi)
  2. mi traduku (biarkan saya mentraslate)
  3. mi naĝu (biarkan saya berenang)


contoh lain:
patro: david, iru al la vendejo kaj aĉetu lakton (david, pergilah ke warung dan belilah susu)
david: bone, mi iros (ok, aku akan pergi)

latihan mandiri:
dalah latihan mandiri ini bisa dilakukan dua orang atau lebih, atau bisa juga latihan sendiri pake imajinasi

rumusnya:
Q: xxxxu
A: bone, m xxxxos

(xxxx diisi kata kerja)
Q: dormu (tidurlah)
A: bone, mi dormos (ok, mi akan tidur)

Q: manĝu (makanlah)
A: bone, mi manĝos (ok, mi akan makan)

coba bikin sendiri pake kata (iru, legu, aĉetu, mendu, vendu, amu, donu, lavu, serĉu, kaj trovu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar