Minggu, 26 November 2017

Esperanta Leciono 4
Motivasi diri

      Saya bukan motivator, tetapi kebetulan hidup saya penuh motivasi, ya minimal memotivasi diri saya sendiri atau syukur bisa memotivasi orang lain, karna itu saya tuangkan disini,
       Awal tahun baru ketika orang lain sibuk pesta kembang api, saya malah sibuk merenung, kok tiba tiba saya udah umur 29 tahun aja ya? Trus kemana aja umur 23 tahun -28 tahun, 5 tahun sia sia tanpa melakukan hal hal berarti, malah 4 tahun brlakangan saya sibuk main game COC (clash of clans) tau kan ya? Game fenomenal yang bikin addict itu, 
      Sekarang coba kita bayangkan saya main game itu tiap hari, pagi siang sore malam, kalau dikira kira total 5 jam sehari, selama 4 tahun, mari kita hitung bersama sama (5jam x 365 hari dalam setahun x 4 tahun) hasilnya adalah 7.300 jam atau 304 hari nonstop kalau dibagi 24 jam, bayangkan saya sama saja main COC 304hari berturut turut dalam 4 tahun. Alangkah sia sia kan?
      saya belajar akuntansi aja dikampus cuma 2 jam, seminggu 2 kali pertemuan, selama 4 tahun kalau di total (2jam x 2kalipertemuan x52 minggu setahun x 4 tahun) hasilnya 832jam atau 34hari berturut turut, hanya 34hari sudah bisa akuntansi dan bisa dipakr buat kerja cari nafkah dan tentunya bermanfaat, bisa dibayangkan kalau seandainya saya memanfaatkan waktu 304 hari (yang saya sia siakan buat main COC) untuk belajar ilmu yang bermanfaat, sudah jadi multi talent kali saya ya?
        Ga cuma itu saya tiap bulan beli paket data 100rb dan 50% nya buat main game, jadi 50rb x 12 bulan x 4 tahun = 2.400.000, wow sia sia juga tuh. mending buat nonton youtube belajar dasar dasar autocad, udah mahir sekarang kali ya?
tapi ya sudahlah yang berlalu biarlah berlalu yang penting tahun ini saya sudah sadar dan mencoba memanfaatkan waktu saya sebaik mungkin. 
saran:
  1. Jika kamu punya hobi main game atau hobi lain yang menyita banyak waktumu, coba pikir ulang apakah bermanfaat dikemudian hari atau hanya kesenangan semata? kalau ga ada manfaatnya mending dikurangin aja atau malah dihilangkan saja, inget mungkin sekarang kamu seneng banget, getol tiap hari main game atau hobi lain bisa jadi suatu saat nanti kamu akan bosan dan menyesal karna sudah menyia nyiakan waktumu yang berharga itu!!
  2. Jadikan waktumu sebagai mata uang yang berharga, belanjakanlah waktumu untuk hal hal penting saja!!

Ok kita lanjut ceritanya, 
          Saya mau memanfaatkan waktu saya sebaik baiknya untuk suatu hal yang bermanfaat, Tapi masalahnya saya ga punya ide mau buat apa waktu saya yang sangat berharga ini?
      Singkat cerita saya nemu ide buat belajar esperanto, tapi pertanyaannya apakah penting belajar esperanto? nah disitulah aku mulai berpikir, "setidak pentingnya esperanto saya yakin masih lebih bermanfaat daripada main COC atau ga ngapa ngapain" bener ga?, 
        Nah pada waktu itu saya juga punya opsi buat milih bahasa lain seperti bahasa jepang, bahasa inggris atau mandarin, juga belanda, tetapi pertanyaannya "berapa tingkat keberhasilan saya memperlajari bahasa tsb dengan semangat seperti saya main COC?
        Nah pada posisi ini bahasa esperanto menang telak karna mempunyai tatabahasa dan diklaim sebagai bahasa termudah didunia dengan tingkat keberhasilan tertinggi bahkan dapat dipelajari secara otodidak dengan catatan serius belajarnya ya, 
       Ini saya ga asal ngomong ya. Karena pada saat itu saya coba pelajari satu satu bahasa tsb dan hanya esperanto yang yang terasa mudah sejak awal saya mencoba, (atau bisa juga karna otak saya yang ga kompatible sama bahasa lain yang susah itu, otak saya memang lemot dari sononya), 
         Ok sejak saat itu saya putuskan belajar esperanto dengan semangat seperti saat main COC, 
    Nah pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana memanfaatkan bahasa esperanto ini? Nah ini penting buat saya, karna saya harus tau manfaatnya dulu supaya saya tambah semangat belajarnya.
         Saya browsing lah di internet cari cari manfaat belajar esperanto, dan pada awalnya saya tidak terlalu mendapatkan hasil yang baik untuk manfaat belajar esperanto, akhirnya saya putuskan "saya akan mempelajari esperanto hanya 15 menit sehari, selama setahun, daripada ga ada ide mau ngapain" aku gambling tuh, mempertaruhkan 15menit ku selama setahun untuk belajar esperanto, kalau berhasil kan lumayan tuh, aku dapet bahasa asing, kalau gagal ya iklasin aja, lagian aku juga udah banyak gagal kok, belajar bahasa mandarin 6 bulan gagal sia sia ga ada yang nempel di otak, belajar bahasa inggris disekolah + les privat 9 tahun, sampe saat ini belum juga pinter ngomong inggris, jadi 15 menit sehari selama setahun, gambling yang murah lah, 
      Tiga bulan kemudian, aku tiba tiba menaikkan taruhan jadi pagi siang sore malam setiap ada waktu kosong saya pake buat belajar esperanto, pake segala jenis media, bukulah, henponlah, leptoplah, karna saya melihat keberhasilan sudah didepan mata hehe, dan baru kali ini saya belajar sudah yakin banget bakal berhasil. 
      Coba bayangkan seandainya saya 4 tahun yang lalu tidak main COC dan belajar esperanto misalnya, setahun kemudian saya dah bisa ngomong esperanto lancar, trus di lanjut belajar Autocad misalnya selama setahun, dan lancar, kemudian belajar ketrampilan lain selama setahun, dan ketrampilan lainnya lagi selama setahun. dan bayangkan saya sekarang sudah bisa punya 4 ketrampilan yang bermanfaat (daripada main coc ga dapet apa apa, bener tidak?) 
      Tapi pastinya ga akan segampang itu belajar berbagai jenis ilmu kan? iya saya juga tau itu, tapi main COC juga ga gampang, butuh konsentrasi dan kerjasama tim juga loh dan anehnya segala rintangan saya terjang aja tuh, jadi saya yakin juga rintangan apapaun akan saya terjang hahahha. 
saran saya:
  1. Rajinlah belajar, jangan sia siakan waktumu, 
  2. Rintangan itu bumbu kehidupan, hajar aja bro,
  3. Tidak ada ilmu yang sia sia, tapi kalau main game pasti sia sia. kecuali menghasilkan uang, baru bisa dimaafkan hehehe.

     Bagaimana? apakah cerita saya menarik? kisah kidup saya mungkin tidak menarik, tapi cobalah ambil hikmahnya aja,

liat juga  pengalaman saya belajar esperanto:
http://esperantopemula.blogspot.co.id/2017/10/pengalaman-belajar-bahasa-esperanto.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar